Jumat, 27 Juni 2014

PENYUSUN SEL HEWAN BESERTA PENJELASANNYA

Gambar Sel Hewan
Unsur terkecil dalam susunan jaringan hewan adalah sel eukariotik atau sering kita kenal dengan sebutan sel hewan. Ada beberapa perbedaan antara susunan sel hewan dan susunan sel tumbuhan, meskipun kedua nya sama-sama sel eukariotik tetapi ada perbedaan yang cukup jelas yang membuat keduanya tampak berbeda satu sama lain. Perbedaan itu terletak pada susunan dari sel hewan itu sendiri dimana sel tumbuhan memiliki dinding sel sedangkan sel hewan tidak memiliki dinding sel, supaya lebih jelas perhatikan gambar hewan dibawah ini. Perbedaan lainnya datang dari kloroplas yang tidak dimiliki oleh hewan tapi dimiliki oleh sel tumbuhan.

Selain itu vakuola yang dimiliki oleh tumbuhan memiliki ukuran yang lebih sedangkan vakuola yang dimiliki hewan berukuran lebih kecil, bahkan pada beberapa jenis hewan mereka tidak memiliki vakuola sama sekali. Sel hewan yang tidak dilengkapi oleh dinding sel mengakibatkan bentuk dari sel hewan menjadi berbeda satu sama lain (memiliki bentuk yang tidak sama dengan sel hewan lain) keanekaragaman sel hewan misalnya saja sel manusia akan berbeda dengan sel sapi ataupun kambing.


Susunan Sel Hewan Lengkap dengan Fungsinya.

Sel Hewan
a. bagian sel hewan yang pertama adalah membran sel yang memiliki fungsi untuk mengontrol pertukaran zat, menjaga sel dari benturan dan menjadi pertahanan bagi sel dari pengaruh luar, membrane sel juga berfungsi menerima sinyal rangsangan dari system saraf pusat.


Sel Hewan
b. Fungsi dari Nukleus ada mengendalikan segala bentuk kegiatan dan aktivitas yang terjadi didalam sel. Nukleus juga merupakan wadah bagi AND yang menjadi penentu penting dari  generasi penerusnya nanti (factor keturunan).




Sel Hewan
c. Fungsi dari Retikulum Endoplasma adalah untuk tempat sintesis bagi didalam sel, selain itu reticulum endoplasma juga memiliki peran sebagai alat pengangkut zat kimia penting bagi aktivitas sel.






Sel Hewan
d. Fungsi dari kompleks Golgi adalah sebagai tempat untuk merancang dan membentuk mikro molekul, mikro molekul ini memiliki banyak kandungan karbohidrat didalamnya sehingga sangat penting untuk pertumbuhan sel.






Sel Hewan
e. Fungsi dari Ribosom adalah untuk mensintesiskan protein, fungsi dari ribosom sendiri hampir mirip dengan fungsi kompleks golgi hanya saja kompleks golgi mengurusi karbohidrat sedangkan ribosom mengurusi sintesis protein.



Sel Hewan
f. Sedangkan yang bertanggung jawab untuk proses respirasi aerob menjadi tugas dari mitokondria. Didalam mitokondria inilah proses respirasi aerob berlangsung. 









Sel Hewan
g. Fungsi dari Lisosom hampir mirip seperti cara kerja lambung manusia yaitu untuk mencerna makanan yang berasal dari luar sel. Selain itu lisosom juga bertugas untuk memaksimalkan bahan makanan yang tidak dipakai didalam sel untuk dicerna dan menghasilkan zat-zat penting bagi kegiatan sel.



Sel Hewan
h. Fungsi dari Badan Mikro yaitu mencetak enzim katalasi dan sebagai tempat penyimpanan enzim katalase sebelum digunakan, selain itu badan mikro juga menghasilkan enzim oksidasi atau yang sering disebut dengan istilah perolisisum. 






i. Fungsi dari Sentrosom adalah bertanggung jawab untuk kelancaran proses pembelahan sel terutama untuk pembelahan kromatin menjadi sel baru. Karena peran dari sentrosom inilah yang membuat hewan dapat tumbuh dari bayi hewan menjadi hewan dewasa yang kuat.
j. Fungsi dari Sentriol tidak kalah pentingnya karena mengawal proses pembelahan sel dengan cara membuat dinding pembatas berbentuk benang gelondong sebagai upaya menjaga proses pembelahan sel  berjalan dengan sempurna.
Diatas tadi adalah bagian-bagian sel hewan beserta dengan fungsinya masing-masing, untuk bagian-bagian sel tumbuhan beserta fungsinya akan dibahas pada halaman yang lainnya. jadi tunggu update selanjutnya dari situs ini ya … Seperti yang kita tahu sel hewan dan sel tumbuhan sama-sama sel eukariotik tapi mereka berdua memiliki susunan yang berbeda satu sama lain. Tidak hanya susunannya saja yang beerbeda beberapa unsur penyusun sel dan fungsinya juga berbeda. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan singkat dibawah ini.

Apa Saja Yang Berbeda Dari Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan.

Bagi anda yang masih duduk dibangku sekolah tentu istilah sel hewan dan sel tumbuhan sudah sangat familiar ditelinga anda, karena memang itu salah satu materi pelajaran di bangku sekolah. Menurut pengelompokan 5 kerajaan makhluk hidup, hewan memiliki kerajaan tersendiri dan terpisah dari kerajaan tumbuhan. Lalu apa saja yang berbeda diantara sel hewan dan sel tumbuhan sehingga mereka berdua berada pada kerajaan yang berbeda ? Sedikit bocoran saja mengenai perbedaan yang sangat mencolok adalah sel hewan tidak mempunyai dinding sel sedangkan sel tumbuhan mempunyai dinding sel.

A. Komponen-Komponen Yang Menyusun Sel Dari Tumbuhan Dan Hewan.

Sel hewan dan sel tumbuhan sama-sama masuk kedalam kelompok sel eukariotik, sehingga pada dasarnya komponen dasar penyusunnya adalah sama, hanya saja ada beberapa perbedaan saat mereka tumbuh menjadi dewasa. Perbedaan itu terjadi saat proses perkembangan sel terjadi, sedangkan penyebab dari perbedaan itu lebih dipengaruhi oleh lingkungan hidup dari hewan dan tumbuhan itu sendiri.

sebagai contoh pengaruh ekologis yang terjadi pada tumbuhan membuatnya bisa membuat dan memasak makanannya sendiri. Sedangkan binatang tidak bisa membuat makanannya sendiri sehingga harus memakan tumbuhan atau hewan lainnya untuk bisa mendapatkan nutrisi untuk perkembangan dan pertumbuhan hewan tersebut.

1.      1. Sentrisol

sel tumbuhan
Sentriol  memiliki struktur silinder dengan lubang ditenganya. Sentriol sendiri terbentuk dari berbagai protein salah satunya adalah protein mikrotubulus yang merupakan komponen terbanyak penyusun sentrisol.

2.Vakuola

Vakuola dibagi menjadi dua yang pertama adalah vakuola kontraktil. Vakuola kontraktil seperti namanya kontraktil yang berarti kontraksi atau denyut. Denyutan-denyutan yang terjadi pada vakuola ini biasanya dimiliki oleh hewan bersel satu sedangkan untuk kegunaannya sendiri adalah untuk menyesuaikan tekanan osmotic yang terdapat pada sitoplasma sehingga menjaga sel agar tetap dalam keadaan stabil.

Vakuola yang kedua disebut vakuola nonkontraktil. Dari namanya vakuola nonkontraktil dapat kita ketahui bahwa vakuola ini merupakan kebalikan dari vakuola kontraktil yaitu tidak berkontraksi atau tidak berdenyut. Vakuola nonkontraktil juga memiliki fungsi yang berbeda dengan vakuola kontraktil. Vakuola nonkontraktil memiliki fungsi untuk memproses makanan yang masuk kekadalam sel dan lalu mengedarkannya keseluruh sel.

Tidak hanya sel hewan yang memiliki vakuola sel tumbuhan juga memiliki vakuola bahkan dengan ukuran yang relatif lebih besar jika dibandingkan dengan vakuola yang dimiliki oleh hewan. Vakuola pada tumbuhan memiliki membrane yang berfungsi sebagai dinding yang penjaga dan juga berisi banyak cairan didalamnya. Dikarenakan memiliki membran sehingga bentuk dari vakuola tumbuhan menjadi lebih teratur dan terlihat lebih rapi.

Perbedaan lainnya yang cukup mencolok adalah mengenai pertumbuhan, vakuola yang dimiliki oleh hewan tidak tumbuh membesar seperti yang dimiliki oleh tumbuhan. Vakuola hewan lebih bersifat tetap dan memiliki ukuran yang sama dari waktu kewaktu. Berbeda denga vakuola yang dimiliki oleh tumbuhan selalu bertumbuh  dan membesar. Ukuran yang terus tumbuh membuat vakuola mendominasi ruang pada sel tersebut dan menggeser posisi komponen lain ke pinggir dinding sel tumbuhan.

istilah reproduksi pada hewan juga berbeda dengan istilah reproduksi yang dipakai pada tumbuhan. dalam dunia hewan masyarakat kita lebih akrab menyebutkan istilah hewan kawin dari pada hewan bereproduksi. tapi saat berbicara tentang binatang, masyarakat kebanyakan jarang menyebutkan tumbuhan kawin. mereka lebih suka menyebutnya penyerbukan pada tumbuhan. ok sekian dulu postingan kali ini semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar