Jumat, 20 Juni 2014

GAMBAR-GAMBAR HEWAN YANG MENAKJUBKAN

Gambar Hewan - Arwana Asia

Gambar Hewan
Species dari ikan ini memang cukup terkenal saat ini terutama bagi mereka yang sangat menggemari ikan hias, tidak lengkap rasanya jika tidak memiliki koleksi ikan arwana. Ikan yang memiliki nama latin scleropages formosus ini merupakan ikan yang hidup diperairan tawar khususnya di wilayah Asia Tenggara. Postur tubuh yang unik membuat ikan ini tampak cantik dengan hiasan sisik keperak-perakan yang dimilikinya. Warna keperakan yang dimiliki oleh ikan arwana asia ini menjadi symbol yang membedakan arwana asia tenggara dengan arwana dari daerah lainnya. Dalam kepercayaan orang Cina  ikan arwana dipercaya memiliki hubungan yang erat dengan naga, hal ini wajar jika kita melihat bentuk ikan arwana yang panjang seperti seekor  naga. Tapi sayangnya ikan yang cantik ini kini berada diambang kepunahan karena perburuan liar yang tanpa diimbangi dengan budidaya untuk melestarikan ikan nan cantik ini.

Gambar Hewan - St. Bernard

Gambar Hewan
St. Bernard bukanlah nama orang atau nama tempat, melainkan mana jadi jenis anjing dengan ukuran yang relative besar dengan berat yang bisa mencapai 90 kg.  Pada  mulanya St.Bernard banyak digunakan manusia untuk membantu pekerjaan manusia karena memiliki  fisik yang kuat jika dibandingkan dengan jenis  anjing lainnya. Tidak hanya itu anjing ini juga sering di ikut sertakan pada organisasi kemanusiaan seperti untuk menolong korban bencana alam.  Anjing ini memiliki ukuran yang besar dan bahkan St. Bernard jantan memiliki berat melebihi berat manusia yaitu mencapai 69 kg sampai 90 kg.  Disampik fisiknya yang kuat dan besar St. Bernard ternyata sangat setia pada tuannya dan sangat menyayangi anak kecil, sehingga sangat cocok untuk anjing peliharaan. Selain itu St. Bernard juga cocok untuk menjaga binatang ternak seperti domba, sapi dan kambing karena memiliki fisik yang besar dan stamina yang kuat.

Gambar Hewan - Bangkong Serasah


Gambar Hewan
Kodok yang satu ini sedikit istimewa jika dibandingkan dengan jenis kodok lainnya, kodok dengan nama latin leptobrachium hasseltii. Kodok bangkong serasah ini hanya ada di kawasan suku Megophyidae dan belum pernah ditemukan ditempat lain, karenanya kodok bangkong serasah ini menjadi cirri khas dari suku tersebut. kodok serasah ini memiliki ukuran sekitar 70mm, seperti hewan pada umumnya kodok bangkong serasah betina memiliki ukuran yang lebih besar. Memiliki ukuran kepala yang besar dan bentuk perut yang bulat serta bentuk mata yang menonjol membuat bangkong serasah mudah dikenali. 

Memiliki habitat disekitar sungai khususnya sungai yang berada dipegunungan, bangkong serasah juga menyukai tempat yang rimbun seperti hutan karena hutan menjadi tempat yang baik untuk bersembunyi dan sebagai tempat untuk berburu mangsa.  Dikarenakan memiliki sepasang mata yang besar membuat bangkong serasah mudah berburu dimalam hari dan kesulitan melihat di siang hari, karenanya mereka sering menghabiskan siang untuk istirahat dan bersembunyi dari predator. Bangkong serasah tidak terlalu lincah dalam bergerak, hal ini wajar jika dilihat dari karakteristik kaki yang pendek tidak memungkinkan mereka untuk bergerak dengan cepat. Bahkan beberapa diantara mereka sering ditemukan sedang merayap, mungkin hal itu karena mereka agak sulit menggunakan kaki mereka yang pendek.

Gambar hewan - Harimau Siberia

Gambar Hewan
Hewan terbesar dari family felidae ini sekarang berada diambang kepunahan karena seringnya perburuan liar yang dilakukan untuk menangkap harimau Siberia tersebut. Tahukah anda ternyata harimau Siberia memiliki banyak julukan yang jarang bahkan tidak diketahui oleh orang lain, salah satunya adalah harimau tiongkok utara, harimau korea, harimau Manchuria dan harimau amur. Banyak factor yang mempengaruhi berkurangnya jumlah populasi hewan buas ini, tapi yang jelas manusia pasti juga memiliki andil dalam kepunahan mereka. Selain manusia faktor lain yang terkait dengan berkurangnya jumlah harimau Siberia ini adalah adanya seleksi alam, dimana harimau tersebut tidak dapat bertahan dan menurunkan populasinya. Saat ini diprediksi harimau Siberia semakin menurun jumlahnya dan hanya ditemukan pada daerah Korea Selatan , Korea Utara, Rusia dan Manchuria.

Gambar  Hewan - Lumba-lumba Hidung Botol

Gambar Hewan
Hewan yang memiliki nama latin Tursiops Truncatus ini merupakan hewan yang akrab dengan manusia, karenanya lumba-lumba hidung botol sering dilatih untuk pertunjukan sirkus dan menghibur manusia. Hewan laut ini tinggal dilaut dengan suhu yang hangat dan tersebar diseluruh dunia dengan suhu air yang hangat, akan tetapi lumba-lumba mulut botol tidak ditemukan di samudra arktik juga disamudra selatan karena memiliki suhu yang dingin.  Warna dasar yang dimiliki lumba-lumba mulut botol adalah abu-abu, akan tetapi jika kita amati lebih seksama warna abu-abu yang berada dibagian atas berbeda dengan warna abu-abu yang berada dibagian bawah. 

Warna abu-abu kegelapan lebih mendominasi warna tubuh bagian atas (mungkin karena sengatan matahari membuat warnanya cenderung kehitaman), sedangkan warna dibagian bawah lumba-lumba mulut botol lebih didominasi oleh warna abu-abu keputih-putihan (karena terlindung dari sengatan matahari menjadikan warna bagian bawah menjadi lebih cerah dari pada bagian atas). Warna keabu-abuan menjadi kelebihan tersendiri bagi lumba-lumba mulut botol untuk berkamuflase dari para predator. Lumba-lumba mulut botol termasuk hewan yang cukup besar dengan ukuran yang bisa mencapai 4 meter dengan berat badan lebih dari 600 kg (0,6 ton) meskipun memiliki ukuran yang luar biasa, namun lumba-lumba tetap bisa menari-nari dengan bebas dilautan.

Gambar Hewan - Jerapah

Gambar Hewan
Hewan dengan predikat sebagai hewan tertinggi didunia ini memiliki nama latin Giraffa camelopardalis, jika dibandingkan dengan hewan darat lainnya jerapah memanglah menempati peringkat pertama sebagai hewan tertinggi.  Coba bayangkan saja seekor jerapah dapat mencapai tinggi hingga 5,5 meter atau setara dengan rumah 2 tingkat. Tidak hanya tingginya saja yang wawwwwww ternyata jerapah juga memiliki berat yang wawwwww juga yaitu lebih dari 1 ton, untuk jerapah dewasa bahkan bisa mencapai berat hingga 1.400 kg. Tidak seperti hewan lainnya yang biasanya ukuran dan berat si betina melebihi sang jantan, disini jerapah betina justru sebaliknya yaitu jerapah betina memiliki ukuran dan berat dibawah jerapah jantan. Walaupun  tidak terlalu mirip ternyata sel hewan jerapah masih satu keluarga dengan sapi , meskipun begitu jerapah mendapatkan keistimewaan dan dimasukkan kedalam suku yang berbeda. Giraffidae adalah suku yang telah ditetapkan untuk jerapah dan okapi.   Untuk penyebaran jerapah sendiri mencakup wilayah chad sampai dengan wilayah Afrika bagian selatan.

Gambar Hewan - Merak Biru

Gambar Hewan
Merak jenis ini mungkin masih asing ditelinga anda tapi tidak bagi penduduk india, karena memang merak biru ini berasal dari india karenanya biasa dikenal juga dengan sebutan merak india. Merak india memiliki nama latin pavo cristatus, merak biru ini merupakan satu diantara  tiga jenis merak yang ada didunia ini. Burung merak ini didominasi oleh warna biru mengkilap dan warna hitam mengkilap, atas dasar itulah kenapa burung merak ini disebut dengan burung merak biru. Seperti kebanyakan hewan lainnya burung merak biru jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari pada burung merak betina. Ciri-ciri khusus lainnya  adalah ekor panjang dengan warna biru kehijauan. Sedangkan dibagian kepala tumbul semacam jambul berwarna biru kemudaan. Walaupun memiliki nama merak biru india tapi untuk daerah penyebarannya sendiri  meliputi wilayah yang lebih luas dan tidak terbatas hanya daerah india saja, daerah tersebut antara lain Bhutan, Srilangka, Pakistan, Nepal dan India.

Gambar Hewan - Bebek Mandarin

Gambar Hewan
Gambar hewan bebek mandarin ini disebut-sebut sebagai bebek dengan corak bulu yang paling indah didunia, saya rasa sebutan itu memang tidak berlebihan mengingat warna nya yang benar-benar indah. Dari segi ukuran tubuh bebek ini sama seperti bebek-bebek pada umumnya yaitu memiliki panjang sekitar 41 cm sampai dengan 49 cm.

Pada bebek mandarin jantan terdapat semacam tanda berwarna putih membentuk lingkaran seperti bulan dibagian kepalanya, sedangkan dibagian paruh lebih didominasi oleh warna merah cerah. Warna ungu menghiasi sebagian besar dada bebek mandarin, selain warna ungu juga terdapat garis berwarna putih yang mempercantik penampilan dari bebek mandarin itu sendiri. 

Sedangkan untuk bebek mandarin betina memiliki ciri-ciri yang hampir mirip dengan bebek kayu yang berdomisili di Amerika Utara, yaitu mempunyai tanda putih yang jika kita amati bersama akan berbentuk seperti sebuah cincin yang indah. Bagi masyarakat Cina bebek mandarin memiliki  arti yang lebih mendalam, terutama bagi pasangan muda, karena bebek mandarin adalah symbol  bagi pasangan yang saling setia. Kesetiaan yang memjadi impian semua pasangan di dunia ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar